Minggu, 30 September 2007

Hasilnya Lebih Banyak Harga Berasnya Mahal

Hasilnya Lebih Banyak Harga Berasnya Mahal
Dicanangkan Gerakan Pemupukan Organik

TASIKMALAYA, (PR).-
Kondisi kesuburan tanah di Jabar akhir-akhir ini cenderung menurun akibat kurangnya masukan bahan organik. Salah satu indikatornya bisa dilihat dari kandungan bahan organik pada tanah saat ini rata-rata di bawah 3%. Guna mengatasi hal tersebut, di antaranya dapat dilakukan melalui gerakan pemupukan tanaman organik. Berbagai praktik pertanian organik melalui pola Pembelajaran Ekologi Tanah (PET) dan System Of Rice Instensification (SRI) membuktikan selain bisa meningkatkan produksi padi, sekaligus memperbaiki keseimbangan ekologi tanah.

GUBERNUR Jabar H. Danny Setiawan (keempat dari kanan) bersama Bupati Tasikmalaya H. Tatang Farhanul Hakim serta dinas terkait, Senin (3/1), melakukan panen padi percontohan pupuk organik di lahan sawah Kelompok Tani Gajawong Desa Pamoyanan Kec. Kadipaten Kab. Tasikmalaya. Panen ini sekaligus juga pencanangan gerakan pemupukan organik tanaman padi di Jabar.*YOESOEF ADJI/"PR"

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jabar Dr. Ir. H. Entang Ruchijat MPPPM, pada acara Panen dan Pencanangan Gerakan Pemupukan Organik (GPO) di Jabar, Senin (3/1) di Desa Pamoyanan Kec. Kadipaten Kab. Tasikmalaya. Pencanangan GPO dilakukan Gubenur Jabar H. Danny Setiawan, dihadapan ribuan petani perwakilan dari beberapa daerah di Jabar. Tampak hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Jabar H. M. Ruslan, Ketua KTNA Jabar H. Oo Sutisna, Bupati Tasikmalaya H. Tatang Farhanul Hakim beserta unsur muspida Kab. Tasikmalaya dan dinas instansi terkait.

Gubernur mengungkapkan Pemprov Jabar bertekad mempertahankan keberadaan Jabar sebagai salah satu lumbung padi terbesar di Indonesia. Jabar selama ini mampu memberikan kontribusi terhadap pencapaian produksi padi nasional rata-rata mencapai 18% pertahun. Selain itu, Jabar juga memiliki lahan sawah cukup luas, lebih dari 934.000 ha. Berdasarkan angka ramalan III Badan Pusat Statistik, lanjut Gubernur, produksi padi Jabar tahun 2004 diperhitungkan mencapai 9,42 juta ton gabah kering giling (GKG). Pada tahun 2005 ini diharapkan produksi dapat ditingkatkan lagi menjadi lebih besar, melalui upaya peningkatan produktivitas usaha tani padi. "Merealisasikannya Jabar menghadapi tantangan cukup berat, yaitu meningkatnya alih fungsi lahan sawah dan tingginya laju pertumbuhan penduduk. Jadi kuncinya harus mampu meningkatkan produktivitas melalui pola intensifikasi," ujarnya.

Beri harapan

Sementara Bupati Tasik dalam sambutannya mengungkapkan hingga akhir November 2004, jumlah petani di Kab. Tasik yang telah mengikuti PET dan SRI dengan menggunakan dana APBD II dan swadaya sudah mencapai 933 orang. Hasilnya saat ini telah berkembang areal pertanaman padi sawah organik menggunakan pola SRI seluas 122 ha. "Luas areal ini diharapkan akan terus berkembang. Apalagi melihat hasilnya tidak kalah dengan dengan sistem budidaya pada konvensional," ungkapnya. Hasil panen pemupukan anorgnik biasanya menghasilkan 5 - 6 ton, sedangkan dengan sistem pertanian organik, di beberapa tempat mampu menghasilkan sampai 9 ton.

Lebih lanjut diungkapkan selain ditinjau dari aspek agronomis, ternyata dari sisi ekonomis cukup memberikan harapan menggembirakan. Pasalnya budi daya SRI ini ternyata mampu mengangkat tanaman padi menjadi komoditas pertanian yang berdimensi nilai ekonomis. Contohnya harga beras hasil panennya bisa mencapai Rp 4.000,00/kg. "Jadi tidak heran bila petani di Kab. Tasik banyak yang berminat dan ingin belajar dan menerapkan SRI ini," ujarnya.

Bantuan

Pada kesempatan itu Gubernur menyerahkan berbagai bantuan bagi para petani dan peternak dari berbagai daerah di Jabar guna mengantisipasi dampak anomali iklim dan serangan OPT pada Tahun 2005 di 16 kabupaten se-Jabar. Bantuan yang diserahkan secara simbolis itu meliputi, bantuan benih padi 175 ton, 285 boks tiran (bahan pengendalian tikus) bagi 25 kabupaten/kota di Jabar. Bibit buah-buahan sebanyak 2.425 batang, bibit tanaman perkebunan terdiri dari 14 macam sebanyak 1.722.500 pohon. Sedangkan hewan ternak berupa sapi potong sebanyak 100 ekor bagi Kab. Tasikmalaya, domba 120 ekor bagi kelompok ternak di Kab. Sukabumi dan benih ikan bagi perairan umum kota/kabupaten di Jabar sesuai perencanaan tahun 2005 sekira 3 juta ekor

Sukses Menjadi Konsultan Kesehatan Bersama Farida Ningsih Seorang Leader Melilea Konsultan Call: 021-73888872
Bisnis Organik Konsultasi Kesehatan Tips Hidup Sehat Melilea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog